Final Project -19213030 - Elok Kusuma Wardani.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Jufrizal Effendi, S.Sos
Di Indonesia, makan produk sehat menjadi trend saat ini. Kondisi tersebut memberikan pengaruh pada industi. Mampu memahami keinginan dan kebutuhan konsumen sangat penting, yakni berkaitan pada produk yang sesuai dengan snack sehat. Sesuai juga dengan strategi marketing yang akan dipakai. Tujuan utama penelitian ini adalah menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen untuk membeli snack sehat serta membuat strategi yang sesuai dengan hasil penelitian. Penelitian dilakukan secara online kuesioner dan dilakukan di Bandung, Indonesia dengan 271 responden. Untuk analisis menggunakan faktor analisis dengan software SPSS versi 20, kemudian dilakukan validasi hasil analisis faktor dengan melakukan wawancara ke beberapa respondent. Dari penelitian ini didapatkan ada enam faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap snack sehat: Pengaruh Pemasaran, Preferensi sehat konsumen, Produk attribut dan gaya hidup sehat, Pengaruh sosial and peningkatan kesadaran akan kualitas.
Setelah menemukan faktor, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor yang paling mempengaruhi dengan menggunakan faktor score dan didapatkan dua faktor yang sangat berpengaruh, yakni pengaruh pemasaran dan preferensi sehat konsumen. Penelitian ini memberikan data faktor-faktor penting yang mempengaruhi minat beli pada snack sehat, memberikan data prefensi dari konsumen akan produk snack sehat. Serta memberikan beberapa strategi yang cocok digunakan pada perusahaan snack sehat terutama untuk perusahaan start-up.