2013 TS PP Masca Indra T [29011019] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2013 TS PP Masca Indra T [29011019] - Abstract.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2013 TS PP Masca Indra T [29011019] - List of Contents.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2013 TS PP Masca Indra T [29011019] - Chapter 1.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2013 TS PP Masca Indra T [29011019] - Chapter 2.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2013 TS PP Masca Indra T [29011019] - Chapter 3.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2013 TS PP Masca Indra T [29011019] - Chapter 4.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2013 TS PP Masca Indra T [29011019] - Chapter 5.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2013 TS PP Masca Indra T [29011019] - Chapter 6.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2013 TS PP Masca Indra T [29011019] - References.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2013 TS PP Masca Indra T [29011019] - Appendix.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
Keberhasilan bisnis keluarga dalam mempertahankan kelanggengan sangat dipengaruhi oleh keberhasilan suksesi. Faktor manusia menjadi penentu penting dalam keberhasilan suksesi, dimana karakteristik atau atribut yang mendasari manusia tersebut mencerminkan sikap dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menentukan dan memberi pemahaman tentang atribut yang penting bagi generasi penerus bisnis keluarga Di Indonesia. Disamping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk megidentifikasi kunci sukses dalam suksesi. Dimana lewat pemahaman atribut dan kunci sukses suksesi, dapat membantu proses manajemen suksesi dalam memilih generasi penerus yang sesuai. Untuk mendapatkan jawaban yang diinginkan, penelitian ini mnggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Studi ini merupakan studi kualitatif yang menggunakan pendekatan pengukuran kuantitatif. Tinjauan terhadap literatur suksesi bisnis keluarga telah dilakukan. Dari literature, teridentifikasi 30 atribut yang dianggap penting dan didapatkan studi mengenai atribut generasi penerus belum pernah dilaksanakan di Indonesia. Responden terdiri dari 7 orang generasi lama dan 7 orang generasi baru dari 7 perusahaan keluarga. Responden diminta untuk mengikuti proses wawancara yang terdiri dari wawancara terbuka semi terstruktur mengenai kunci sukses suksesi lalu dilanjutkan dengan identifikasi atribut yang dianggap penting lalu responden diminta untuk memberi skala prioritas terhadap atribut yang paling penting beserta alasan memilih dan yang terakhir diminta untuk mengisi kuisoner yang berisi 30 atribut yang didapatkan dari studi sebelumnya.
Untuk menjawab pertanyaan penelitian ini, analisa kualitatif dan analisa kuantitatif digunakan untuk mengolah data yang didapatkan. Didapatkan bahwa atribut paling penting bagi generasi penerus bisnis keluarga adalah keimanan dan percaya pada Tuhan; kerja keras dan fokus terhadap bisnis. Sedangkan kunci sukses suksesi adalah peran serta kedua generasi; persiapan yang matang; perubahan positif terhadap bisnis dan manajemen konflik. Dan dari hasil replikasi kuisoner didapatkan “integritas”, “kemauan untuk mengambil resiko” dan “komitmen terhadap bisnis”sebagai atribut generasi penerus yang paling penting. Kontribusi dari penelitian ini adalah pendekatan yang lebih kualitatif terhadap penelitian atribut generasi penerus dan sebagai kerangka atau panduan dalam pengembangan studi suksesi bisnis keluarga di Indonesia.