digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pariwisata merupakan salah satu sektor andalan Indonesia saat ini. Pariwisata mampu memberikan peningkatan terhadap pendapatan daerah maupun negara. Pemerintah sedang mencanangkan sepuluh bali baru utnuk meningkatkan keandalan pariwisata di Indonesia. Berbasis desa wisata, melalui sepuluh bali baru pemerintah bertujuan untuk menarik minat wisatawan nusantara maupun mancanegara terhadap wisata-wisata yang ada di Indonesia, sehingga terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisata. Hal itu ditujukan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan pendapatan negara maupun daerah melalui sector pariwisata. Kenyataannya, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan nusantara tidak berpengaruh besar terhadap devisa negara, tetapi peningkatan jumlah kunjungan wisatwan nusantara sangat berpengaruh kepada peningkatan pendapatan daerah, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar kemauan wisatawan nusantara untuk berkunjung ke wisata Danau Toba yang termasuk dalam sepuluh bali baru. Selain itu, dalam penelitian ini akan dilihat faktor yang dapat mempengaruhi wisatawan nusantara untuk berkunjung ke suatu tempat wisata yang mana dapat dijadikan sebuah “improvement” terhadap tempat wisata. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuisioner kepada para calon responden melalui sosial media. Kuisioner dibuat dengan menggunakan sebuah platform survei online yaitu GoogleForm, yang memudahkan peneliti dalam mengumpulkan data. Menggunakan metode convenience sampling, kuisioner ini berfokus pada orang yang tertarik terhadap pariwisata dan berusia dari 17 tahun sampai dengan 60 tahun. Jumlah sempel dalam penelitian ini sebanyak 286 responden. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) sebagai model pengukuran dalam penelitian ini. Terdapat lima variabel independen dan satu variable dependen. Dari hasil pengukuran akan dilihat bagaimana pengaruh kelima variable independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini adalah empat variable independen dapat berpengaruh secara signifikan terhadap variable dependen. Artinya, keinginan wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba adalah baik, dengan didukung beberapa faktor seperti atraksi, motivasi pribadi, keterikatan tempat, dan promosi. Penelitian ini tidak tersebar disemua daerah di Indonesia tetapi hanya pada sepuluh provinsi yang tercacat bahwa masyarakatnya sering melakukan kunjungan wisata.