Simulasi fluida secara virtual 2 dimensi dapat membantu dalam
mensimulasikan fluida secara langsung dalam berbagai masalah, seperti pada
simulasi fluida untuk pendidikan, simulasi geologi untuk longsor, dan lain
sebagainya. Tesis ini bertujuan mensimulasikan perilaku tiga jenis fluida yang
berbeda (air, minyak kelapa, dan gliserin) dalam wadah 2D dan menganalisis
bagaimana ketiga jenis fluida tersebut berperilaku dalam berbagai kondisi,
termasuk interaksi dengan boundary. Penelitian ini disimulasikan
menggunakan bahasa pemrograman Python untuk mensimulasikan fluida dan
menggunakan aplikasi Wondershare Filmora X untuk menggabungkan
gambar. Metoda penelitian ini menggunakan metoda Smooth Particle
Hydrodynamics untuk mensimulasikan fluida dalam suatu wadah 2 dimensi
dengan jumlah 10.000 partikel. Penelitian ini menggunakan metoda Smooth
Particle Hydrodynamics untuk membantu memodelkan fluida dalam bentuk
partikel dengan menurunkan medan kerapatan gaya langsung dari persamaan
Navier-Stokes. Persamaan Navier-Stokes digunakan untuk mencari percepatan
dan kecepatan partikel fluida dengan memasukkan gaya eksternal, gaya
internal, dan gravitasi melalui metoda Smooth Particle Hydrodynamics.
Percepatan dan kecepatan akan divalidasi akibat tumbukan dinding, tumbukan
dengan boundary dan tumbukan antara partikel yang menyebabkan perubahan
posisi partikel dan kecepatan partikel. Pada saat visualisasi terjadi kecepatan
fluida seiring waktu melambat diakibatkan redaman yang diakibatkan interaksi
antara sesama partikel, partikel dengan boundary dan partikel dengan dinding.
Disini terlihat perilaku fluida berperilaku mengalir dari tempat tinggi ketempat
yang lebih rendah, partikel fluida berbentuk menyerupai wadah, permukaan fluida berbentuk seperti halnya gelombang dan pada simulasi dengan boundary
didapatkan bahwa kemampuan fluida menembus suatu celah dipengaruhi oleh
besar atau kecilnya celah yang dimiliki dan besarnya nilai viskositas dinamik
fluida.