ABSTRAK Haidarsyah Izzatuddin Muhammad
PUBLIC Resti Andriani
BAB 1 Haidarsyah Izzatuddin Muhammad
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Haidarsyah Izzatuddin Muhammad
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Haidarsyah Izzatuddin Muhammad
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Haidarsyah Izzatuddin Muhammad
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Haidarsyah Izzatuddin Muhammad
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Haidarsyah Izzatuddin Muhammad
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Haidarsyah Izzatuddin Muhammad
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan
Dalam pemenuhan bahan baku produksi semen, PT Semen Indonesia (Persero)
Tbk Pabrik Tuban bekerjasama dengan PT United Tractors Semen Gresik (UTSG)
Tuban sebagai kontraktor penambangan batugamping dan lempung. Untuk
pengukuran kemajuan tambang, terdapat dua metode yang digunakan perusahaan,
yaitu metode jembatan timbang dan survei yang diestimasikan secara cut and fill.
Dalam penelitian ini juga ditambahkan metode pengukuran lain, yaitu metode
ritase truk dan survei yang diestimasikan secara penampang melintang. Penelitian
ini mengambil studi kasus pada periode Mei 2023 di salah satu IUP OP
perusahaan, yaitu IUP OP Tlogowaru dengan komoditas tambang berupa
lempung. Menurut hasil penelitian, tonase penambangan lempung berdasarkan
metode survei yang diestimasikan dengan cut and fill dan penampang melintang,
jembatan timbang, dan ritase truk masing-masing sebesar 60.849 ton, 62.060 ton,
57.252 ton, dan 57.320 ton. Sedangkan mining recovery berdasarkan
perbandingan metode cut and fill terhadap jembatan timbang, cut and fill terhadap
ritase truk, penampang melintang terhadap jembatan timbang, dan jembatan
timbang terhadap ritase truk masing-masing sebesar 94,09%, 94,20%, 92,25%,
dan 92,36%. Faktor-faktor yang menyebabkan nilai tonase masing-masing metode
berbeda adalah cara dan kondisi pembidikan titik, variasi densitas, kalibrasi alat
survei dan jembatan timbang, material lembab atau mengandung air, material
jatuh di jalan hauling dan jembatan timbang, akurasi data timbangan dan ritase,
kapasitas muatan dump truck, dan jumlah pengisian bucket.????