Joel Triwira Santosa [13519073].pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Kemajuan teknologi yang berkembang pesat dalam beberapa tahun ini
untuk membantu dalam banyak bidang terutama bidang pendidikan. Salah satu
teknologinya adalah teknologi Extended Reality (XR). Potensi XR ini sangat
besar, bahkan beberapa sudah diaplikasikan dan dipelajari dalam beberapa bidang
seperti pendidikan. Salah satu teknologi XR yang populer yang akan dibahas
adalah Virtual Reality. Virtual Reality (VR) adalah simulasi dimana grafik
komputer digunakan untuk membuat suatu dunia yang seperti dunia nyata. Pada
bidang pendidikan, mind map membantu siswa untuk membuat suatu gambaran
untuk menaikkan tingkat penangkapan informasi. Namun, dalam VR, penggunaan
controller konvensional seringkali memiliki kekurangan, seperti penggunaan
baterai, kemungkinan hilang, dan pengalaman dunia VR yang kurang mendalam.
Oleh karena itu, dikembangan controller memakai tangan pada aplikasi mind map.
Dengan menggunakan tangan, interaksi menjadi lebih mendalam dan perintah
dapat dijalankan dengan gestur sederhana. Saat ini, hanya terdapat 3 gestur tangan
yang disediakan pada mesin VR Meta Quest 2 dan hal ini dapat dibilang sangat
terbatas. Tujuan dari penulisan makalah ini adalah mengembangkan fitur gestur
spesial pada aplikasi mind map agar lebih efisien dalam membuat suatu mind
map. Fitur ini bekerja sebagai jalan pintas untuk menjalankan suatu perintah
dengan memanfaatkan pelacakan tangan yang sudah terintegrasi pada alat Meta
Quest 2 dan menggunakan metode klasifikasi pengenalan gestur Decision Tree
dengan metrik jarak antara jarak gestur yang sudah disimpan dengan gestur yang
dilakukan pada realtime. Efisiensi fitur gestur spesial dalam pembuatan mind map
diuji dengan mengukur waktu pembuatan mind map menggunakan controller,
hand tracking, dan fitur gestur spesial pada topik yang disediakan. Meskipun
menggunakan hand tracking tanpa gestur lebih lama dibandingkan controller,
namun dengan memanfaatkan fitur gestur spesial akan meningkatkan efisiensi
29,6% dibandingkan menggunakan hand tracking saja dan meningkatkan efisiensi
20,76% dibandingkan dengan menggunakan controller sehingga fitur ini cukup
penting untuk dikembangkan kedepannya.