digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Vincentius Candy Sugianto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Peningkatan produkitivitas migas serta pembangunan infrastruktur energi kini menjadi aspek penting dalam mengejar target produksi sektor hulu migas yang tertera pada Rencana Kinerja Tahunan Migas 2023. Berbagai kebijakan dan strategi sudah diimplementasikan, salah satunya adalah pembangunan infrastruktur pendukung sarana eksplorasi dan eksploitasi migas, yakni anjungan lepas pantai (offshore plaftform). Pada Tugas Akhir ini, dilakukan pemodelan struktur anjungan lepas pantai tipe tetap (fixed platform) empat kaki yang berlokasi di perairan lepas pantai Madura berdasarkan API RP 2A-WSD. Model struktur kemudian dianalisis terhadap beban dan kondisi lingkungan di sekitar lokasi eksisting. Analisis yang dilakukan terdiri dari analisis in-service yakni in-place, seismic, fatigue, dan boat impact. Berdasarkan hasil analisis in-place, struktur dapat bertahan pada kondisi operasional dan badai melalui pemeriksaan member unity check, joint punching shear, kapasitas pile, dan defleksi. Berdasarkan hasil analisis seismic, struktur dapat bertahan pada kondisi Strength Level Earthquake (SLE) dan Rare Intense Earthquake (RIE) melalui pemeriksaan member unity check, joint punching shear, dan kapasitas pile. Berdasarkan hasil analisis fatigue, struktur telah memenuhi kriteria design life selama 15 tahun. Setelah struktur memenuhi kriteria analisis sebelumnya, dilakukan analisis in-service boat impact pada struktur boat landing. Analisis boat impact terdiri dari analisis normal impact, accidental impact, dan collapse impact. Ketiga analisis tersebut dilakukan dengan pendekatan 12 kasus tumbukan menggunakan kapal 1600 ton. Berdasarkan hasil analisis normal impact, struktur dapat menyerap energi tumbukan dari setiap kasus dan tidak mengalami collapse. Berdasarkan hasil analisis accidental impact, struktur dapat menyerap energi tumbukan dari setiap kasus, terdapat beberapa member yang plastis dan tidak mengalami collapse. Berdasarkan hasil analisis collapse impact, didapatkan kapasitas maksimum boat landing dalam menyerap energi tumbukan untuk kasus center bow impact, broadside impact, sideway bow impact variation 1, dan sideway bow impact variation 2.