digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Lawrensqy Tapian B. Nainggolan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Kota Makassar merupakan salah satu kota besar di Pulau Sulawesi tepatnya di wilayah Sulawesi Selatan. Seperti kota besar lainnya, kota ini juga memiliki pertumbuhan ekonomi yang pesat dan tentunya harus difasilitasi dengan infrastruktur yang memadai. Pemerintah memproyeksikan Makassar New Port sebagai salah satu pelabuhan laut dalam (deep sea port) yang akan menjadi gerbang perekonomian di wilayah timur Indonesia, terutama di kawasan Sulawesi Selatan. Selain menghubungkan wilayah-wilayah Indonesia, Makassar New Port juga dibangun untuk menjadi pelabuhan internasional yang akan menghubungkan dunia logistik Indonesia dengan negara luar. Laporan Tugas Akhir ini akan membahas mengenai perancangan struktur dermaga petikemas dengan tipe dermaga deck on pile sebagai perencanaan pengembangan Makassar New Port berdasarkan kriteria desain yang digunakan. Pembahasan dalam Tugas Akhir ini meliputi pengolahan data lingkungan, perhitungan beban yang bekerja pada struktur dermaga, penentuan dimensi dermaga dan elemen struktural dermaga, pemodelan dan analisis struktur dermaga, penulangan elemen struktural dermaga, dan analisis daya dukung tanah. Data lingkungan dan data operasional akan diolah untuk menghitung nilai-nilai beban yang bekerja pada struktur dermaga. Pemodelan analisis struktur dilakukan dengan menggunakan bantuan perangkat lunak SAP2000 untuk mengetahui kekuatan struktur dermaga terhadap beban yang bekerja. Hasil dari analisis yang dilakukan berupa nilai Unity Check Ratio (UCR) dan nilai defleksi struktur yang harus memenuhi kriteria desain, yaitu nilai UCR berada pada rentang antara 0,8 hingga 1,0 serta nilai defleksi tidak melebihi ketentuan defleksi izin. Penulangan elemen struktural dermaga dilakukan berdasarkan gaya dalam yang didapatkan dari hasil pemodelan analisis struktur yang sudah optimum. Analisis daya dukung tanah dilakukan untuk mengetahui kebutuhan kedalaman tiang pancang yang diperlukan agar mampu menahan beban reaksi perletakan tiang pancang pada struktur dermaga. Hasil perencanaan desain dermaga adalah nilai dimensi dermaga sepanjang 308 m dengan lebar 43 m. Dermaga direncanakan untuk memiliki elevasi sebesar +4,0 m dari LLWL serta kedalaman perairan –14,5 dari LLWL. Elemen struktural yang direncanakan untuk dermaga diantaranya adalah pelat, balok, tiang pancang, dan pile cap. Dimensi tiang pancang yang dipilih setelah optimasi adalah tiang pancang dengan diameter 1100 mm dan tebal 20 mm yang berdasarkan analisis daya dukung tanah akan dipancang sampai pada kedalaman 24,55 m dari elevasi seabed. Hasil dari pengerjaan Tugas Akhir ini adalah perencanaan yang terdiri dari desain dimensi dermaga, fasilitas berlabuh dan bertambatnya kapal, dimensi elemen struktural dermaga, penulangan elemen struktural dermaga, serta kedalaman tiang pancang dermaga.