digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Ega Stephanie Afridiari [18219041].pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Isu resesi ekonomi global menjadi katalis untuk mulai menggiatkan aktivitas manajemen keuangan pribadi. Akan tetapi, masyarakat Indonesia masih jarang melakukan beberapa aktivitas manajemen keuangan dengan alasan terbesar adalah kurangnya motivasi untuk melakukan kegiatan manajemen keuangan pribadi. Di sisi lain diketahui bahwa gamifikasi dapat meningkatkan motivasi intrinsik seseorang. Dibuat rancangan aplikasi manajemen keuangan pribadi yang menerapkan gamifikasi dengan pendekatan user-centered design sebagai solusi. Dilakukan penyebaran kuesioner untuk menentukan konteks penggunaan dan identifikasi kebutuhan rancangan. Kemudian diidentifikasi fitur-fitur yang akan dirancang dan elemen gamifikasi yang akan diterapkan yaitu poin, level, papan peringkat, tantangan/misi, serta lencana. Perancangan desain interaksi aplikasi solusi akan bertujuan untuk mencapai usability goals efektif untuk digunakan dan mudah dipelajari serta user experience goals dapat memotivasi. Hasil akhir penelitian adalah prototipe high-fidelity dari aplikasi manajemen keuangan pribadi yang kemudian diuji dalam beberapa kali iterasi. Hasil pengujian iterasi kedua menunjukkan bahwa prototipe high-fidelity telah mencapai usability goals efektif digunakan karena mendapatkan 100% completion rate dan nilai 97,5 untuk rata- rata skor System Usability Scale (SUS) serta mudah dipelajari karena mayoritas tugas mendapat skor Single Ease Question (SEQ) 7 yang merupakan nilai maksimal. Prototipe high-fidelity juga telah mencapai user experience goals memotivasi berdasarkan nilai skor Intrinsic Motivation Inventory (IMI) yang didapat. Iterasi pengujian pun dihentikan setelah pengujian iterasi kedua karena sudah memenuhi usability goals dan user experience goals. Oleh karena itu, desain interaksi yang dihasilkan sudah layak digunakan dan berhasil memantik motivasi intrinsik pengguna untuk melakukan manajemen keuangan pribadi.