digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Ilyasa Salafi Putra Jamal [13519023].pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Penggunaan whiteboard digital belakangan ini sedang meningkat pesat. Hal tersebut utamanya disebabkan oleh pengadopsian massal metode bekerja work-from-home akibat pandemi COVID-19. Terdapat banyak pilihan whiteboard digital yang dapat digunakan. Salah satu whiteboard digital dengan kualitas tertinggi yang tersedia adalah Miro. Akan tetapi, whiteboard sekelas Miro masih memiliki keterbatasan pada saat konsep dan ruang 3D sudah masuk ke dalam pembahasan selama whiteboarding. Hal ini disebabkan karena Miro, dan banyak aplikasi whiteboard digital, menyediakan fasilitas whiteboard digital mereka dalam bentuk kanvas 2D. Hal ini berpotensi membuat komunikasi dan penyelesaian masalah yang berhubungan dengan konsep-konsep 3D menjadi sulit di whiteboard jenis ini. Selama ini, penyelesaian untuk keterbatasan tersebut adalah dengan menggunakan teknik proyeksi. Teknik ini memproyeksikan suatu objek 3D ke dalam kanvas 2D, dengan bagian yang dianggap lebih belakang pada sumbu Z digambarkan dengan garis putus-putus. Akan tetapi, harga dari teknik ini adalah akan terdapat detail dari objek yang berkurang kejelasannya. Salah satu cara untuk menambahkan detail tersebut adalah menggambarkan beberapa proyeksi dari objek 3D dari berbagai sudut pandang. Tetapi, hal tersebut menambah waktu yang diperlukan untuk membuat visualisasi dari objek 3D yang dimaksudkan. Kedua kendala tersebut berpotensi menghambat proses whiteboarding pada whiteboard digital 2D. Oleh karena itu, tugas akhir ini mengajukan mengembangkan suatu purwarupa whiteboard yang dapat memanfaatkan ruang 3D sebagai kanvas, serta mengetahui apakah whiteboard 3D demikian efektif digunakan untuk whiteboarding, dengan harapan untuk menunjukkn potensi whiteboard 3D dalam proses whiteboarding yang berhubungan dengan konsep-konsep 3D. v Pengembangan purwarupa didasari metodologi dari paper berjudul “Methodology for Designing Virtual Reality Applications”. Purwarupa whiteboard dikembangkan menggunakan Unity Engine dengan memanfaatkan beberapa packages. Setelah selesai dikembangkan, purwarupa diujikan untuk melihat bagaimana purwarupa memenuhi tujuannya sebagai whiteboard digital untuk membantu proses komunikasi dan pemahaman konsep antar pengguna dalam ruang 3D.