Indira Damayanti [18219051].pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Tingkat kepercayaan diri finansial atau Financial Self-Efficacy (FSE) yang baik
belum tercermin sepenuhnya pada masyarakat Indonesia. FSE merupakan variabel
penting untuk mendorong peningkatan kemampuan seseorang dalam
merencanakan dan mengelola keuangan. Rendahnya FSE dapat berdampak negatif
pada keputusan keuangan, termasuk kemampuan perencanaan dan prospek
finansial. Tugas akhir ini bertujuan untuk menghasilkan desain interaksi aplikasi
Bibit yang digamifikasi untuk mendukung peningkatan FSE dalam konteks saving
dan investing. Penggunaan aplikasi Bibit dipilih karena merupakan aplikasi
investasi paling populer di Indonesia, sehingga diharapkan solusi yang ditawarkan
memiliki relevansi yang lebih tinggi. Desain interaksi gamifikasi aplikasi Bibit
dibangun menggunakan metode Player-Centered Design (PCD) dengan tahapan
antara lain understand the players, understand the mission, understand human
motivation, apply game mechanics, dan manage, monitor, measure. Pengumpulan
data diperoleh dari penyebaran kuesioner dan wawancara untuk mengevaluasi
aplikasi Bibit. Dari hasil analisis yang dilakukan, rancangan fitur yang dapat
memenuhi kebutuhan pengguna, antara lain Quest, Kalkulator Dana Pensiun,
Kalkulator Dana Darurat, dan Streak. Fitur-fitur tersebut mengadopsi beberapa
elemen gamifikasi, antara lain quest, rewards or prizes, unlockable content, levels
or progression, points, personalization, dan loss aversion. Ketercapaian desain
interaksi dalam mendukung peningkatan FSE dan ketercapaian gamifikasinya
diukur secara kuantitatif menggunakan metrik Financial Self-Efficacy Scale (FSES)
untuk FSE dan misi gamifikasi, Intrinsic Motivation Inventory (IMI) untuk motivasi
pengguna, Net Promoter Score (NPS) untuk efektivitas gamifikasi, dan System
Usability Scale (SUS) untuk overall usability. Persentase responden yang
mengalami peningkatan FSES setidaknya sebanyak 33,33% pada tiap komponen
FSES, skor IMI sebesar 6,26, skor NPS sebesar 66%, dan skor SUS sebesar 84,17.
Berdasarkan pengukuran tersebut, dapat disimpulkan bahwa desain interaksi
gamifikasi aplikasi Bibit dapat mendukung peningkatan FSE.