digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

TBP.pdf
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Bisnis keluarga diakui sebagai penggerak penting inovasi sosial dan memainkan peran krusial dalam mengatasi tantangan-tantangan masyarakat. Namun, diperlukan pemahaman yang lebih mendalam tentang kekuatan dan strategi yang memungkinkan usaha keluarga terlibat secara efektif dalam inovasi sosial. Penelitian ini menyelidiki kasus PT Paragon Technology and Innovation, sebuah usaha keluarga, untuk mengeksplorasi faktor-faktor ini dalam konteks unik mereka. Melalui wawancara mendalam dan analisis inisiatif PT Paragon, studi ini mengidentifikasi kekuatan-kekuatan utama seperti kesadaran diri, komitmen pribadi, nilai-nilai keluarga, budaya perusahaan, keterlibatan karyawan, kolaborasi strategis, dan kemakmuran berkelanjutan. Temuan ini menekankan pentingnya faktor-faktor ini dalam membentuk inovasi sosial dalam usaha keluarga, menawarkan wawasan dan rekomendasi berharga bagi praktisi yang ingin mendorong perubahan sosial melalui pendekatan inovatif. Studi ini memberikan pemahaman tentang kekuatan dan strategi di balik keterlibatan mereka yang sukses dalam inovasi sosial. Temuan-temuan ini mengungkapkan bahwa kesadaran diri dan komitmen pribadi penting bagi usaha keluarga untuk merangkul inovasi sosial. Selain itu, sejalan dengan nilai-nilai inti keluarga dan membangun budaya perusahaan yang mendukung menciptakan lingkungan yang memungkinkan untuk mendorong perubahan sosial. Selain itu, keterlibatan karyawan, kolaborasi strategis, dan komitmen terhadap kemakmuran berkelanjutan diidentifikasi sebagai strategi-strategi efektif yang digunakan oleh PT Paragon. Wawasan- wawasan ini berkontribusi pada pengetahuan yang ada tentang inovasi sosial dalam usaha keluarga, memberikan panduan praktis bagi praktisi yang bertujuan untuk memiliki dampak positif pada masyarakat melalui pendekatan inovatif.