digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Kevin Susanto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Kevin Susanto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Kevin Susanto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Kevin Susanto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Kevin Susanto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Kevin Susanto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Kevin Susanto
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PT Digital Mobil Indonesia (DMI), sebuah perusahaan digital yang berdiri pada tahun 2022 yang bergerak dibidang penjualan, pembelian dan tukar-tambah mobil bekas melalui platform online yang bernama DIMO. DMI merupakan anak perusahaan PT Mobil Indonesia, sebuah perusahaan konglomerat asal Indonesia yang memiliki spesialisasi pada bidang otomotif. Sebagai sebuah perusahaan yang masih muda, DIMO memiliki tujuan untuk memperkuat posisinya sebagai pemain kunci dalam industri mobil bekas berbasis platform, dengan cara memanfaatkan ecosystem mobil baru milik PT Mobil Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui persepsi yang timbul dari potential konsumen terhadap Unique Selling Proposition (USP) milik DIMO serta memberikan usulan strategi pemasaran untuk dapat meningkatkan volume transaksi pembelian unit mobil bekas. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Kuesioner digunakan sebagai dasar penelitian kuantitatif untuk dapat mengetahui persepsi potential konsumen dan wawancara terhadap Management DIMO sebagai dasar analisa internal perusahaan. Temuan pada penelitian ini memberikan gambaran positioning brand DIMO di masyarakat serta strategi pemasaran yang efektif guna meningkatkan volume transaksi pembelian unit mobil bekas oleh DIMO. Berdasarkan persepsi dari potential customer, brand DIMO berada pada posisi ke-tiga dari seluruh variable pengukuran. Usulan strategi pemasaran untuk dapat mengingkatan transaksi pembelian adalah dengan melakukan kolaborasi program trade-in, kolaborasi digital marketing campaign, membuat analisa harga dan strategi penetapan harga. Dengan memahami persepsi calon konsumen dan menganalisis aspek internal perusahaan, penelitian ini memberikan wawasan berharga untuk mendukung pertumbuhan dan kesuksesan DIMO dalam lanskap bisnis mobil bekas yang kompetitif.