digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Makalah ini mengeksplorasi hubungan teoretis antara Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) dan Ekonomi Sirkular (CE) dan menyelidiki bagaimana perusahaan fesyen di negara-negara berkembang menerapkan praktik CSR sehubungan dengan CE. Melalui penelitian kualitatif yang melibatkan wawancara semi-terstruktur dengan empat perusahaan tersebut, analisis data menggabungkan pengkodean deduktif dari penelitian sebelumnya dan pengkodean induktif. Temuan ini menyoroti jenis kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan fesyen di negara-negara berkembang, keselarasan mereka dengan prinsip-prinsip CE, dan hubungan teoritis antara elemen CE dan CSR. Selain itu, pendekatan CSR berbasis komunitas juga terungkap, yang bertujuan untuk memperkenalkan prinsip-prinsip CE dalam keanggotaannya. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi usaha kecil dan menengah yang ingin mengintegrasikan praktik CE melalui penyelarasan inisiatif CSR. Khususnya, makalah ini berkontribusi sebagai makalah pertama yang secara teoritis menghubungkan CE dan CSR dalam konteks negara berkembang dan industri fashion.