digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800



BAB 1 Dion Harja Putra
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Dion Harja Putra
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Dion Harja Putra
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Dion Harja Putra
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Dion Harja Putra
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Dion Harja Putra
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Dion Harja Putra
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT X merupakan sebuah perusahaan rintisan (start-up) teknologi yang bergerak pada bidang pendidikan (edtech) melalui penyediaan jasa konsultasi studi luar negeri dan bimbingan bahasa asing. Sebagai upaya untuk dalam meningkatkan minat beli pelanggan, PT X berkeinginan untuk melakukan inisiasi penerapan strategi product bundling. Product bundling merupakan strategi yang menggabungkan dua atau lebih produk atau jasa ke dalam satu paket pembelian dengan harga khusus yang bertujuan untuk meningkatkan value yang ditawarkan kepada pelanggan. Keputusan dalam menentukan produk atau layanan apa saja yang akan digabungkan ke dalam satu bundle harus didasarkan kepada model yang komprehensif sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan di sisi lain mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membangun model yang mampu menghasilkan rekomendasi kombinasi produk atau layanan optimal untuk mendukung strategi product bundling yang diinisiasi oleh PT X. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini dikembangkan dari kerangka Cross Industry Standard Process for Data mining (CRISP-DM) dengan menggunakan k- modes clustering untuk mengelompokkan pelanggan berdasarkan kesamaan karakteristik demografis tertentu dan association rule mining menggunakan algoritma Apriori untuk menemukan rules yang menunjukkan adanya asosiasi antara pasangan produk atau layanan yang sebaiknya dikelompokkan ke dalam satu bundle bagi setiap kelompok pelanggan tersebut. Pemodelan pada penelitian ini menghasilkan empat kelompok pelanggan beserta dengan rekomendasi kombinasi produk atau layanan optimal bagi setiap kelompok tersebut. Pada penelitian ini juga dikembangkan sebuah prototipe aplikasi yang mampu mengeksekusi model dalam bentuk Graphical User Interface (GUI) menggunakan bahasa pemrograman Python.