digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Gen-Z di Indonesia sangat dipengaruhi oleh meningkatnya penggunaan media sosial. Kelompok usia ini cukup aktif di media sosial, menggunakan website seperti Instagram, TikTok, dan YouTube. Pembeli Gen-Z kini mengandalkan platform media sosial dan rekomendasi influencer untuk riset dan evaluasi produk, yang telah mengubah perilaku pembelian mereka. Perusahaan yang berhasil berinteraksi dengan pelanggan Gen-Z di media sosial mungkin akan mengalami peningkatan pendapatan, loyalitas merek, dan eksposur merek. Laporan ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak media sosial terhadap perilaku pembelian, nilai sosial, nilai budaya, dan citra merek dari pelanggan Gen-Z di Indonesia. Studi ini menyoroti fungsi influencer media sosial dalam mempengaruhi persepsi konsumen Gen-Z Indonesia terhadap suatu merek. Selain itu, laporan ini juga menemukan bahwa influencer media sosial mempunyai pengaruh yang besar dalam mempengaruhi atau membentuk brand image suatu perusahaan terhadap masyarakat khususnya Gen-Z seperti di Indonesia. Influencer media sosial memiliki sumber informasi yang kredibel mengenai produk di kalangan pelanggan Gen-Z yang akan menyebabkan banyak masyarakat pelanggan modern mudah terpengaruh untuk membeli produk yang dipromosikan oleh para influencer melalui media sosialnya. Pemasar dapat memanfaatkan influencer media sosial untuk memasarkan barang dan merek mereka secara efisien kepada pelanggan Gen-Z.