digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


COVER Angga Muhammad Firsyah
PUBLIC Dewi Supryati

BAB 1 Angga Muhammad Firsyah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Angga Muhammad Firsyah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Angga Muhammad Firsyah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Angga Muhammad Firsyah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Angga Muhammad Firsyah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Angga Muhammad Firsyah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Angga Muhammad Firsyah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT XY merupakan perusahaan skala menengah yang bergerak di industri perdagangan alat mekanis-elektrikal. Layanan bisnis utama PT XY merupakan penjualan consumable parts yang memberikan kontribusi pendapatan sebesar 90% dari total pendapatan perusahaan. Pada proses operasionalnya, PT XY mengalami beberapa gejala masalah yang disebabkan oleh manajemen persediaan yang buruk, sistem informasi yang tidak terintegrasi, serta basis data yang tidak tersentralisasi. Akar masalah yang diidentifikasi dapat diselesaikan dengan solusi pengadopsian sistem ERP pada perusahaan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem informasi ERP open source untuk proses penjualan consumable parts kompresor udara PT XY. Sistem ERP open source dipilih karena sesuai dengan kondisi PT XY saat ini, yaitu memiliki keterbatasan dalam sumber daya. Proses sistem ERP pada penelitian menggunakan metodologi gabungan dari proses pengembangan sistem ERP menurut Sumner (2014) dan framework for the application of system thinking (FAST) dengan jalur pengembangan sistem commercial-off-the-shelf (COTS) yang diperkenalkan oleh Whitten dan Bentley (2007). Pada metodologi penelitian, terdapat fase analisis kebutuhan sistem yang mengacu pada pengembangan dari metode customer-centered implementation oleh Jansson dan Jonsson (2015). Langkah-langkah yang dilakukan pada penelitian, secara berurutan, merupakan analisis kebutuhan sistem, desain proses bisnis, dan pengembangan prototipe ERP. Hasil perancangan sistem ERP merupakan sebuah prototipe yang memanfaatkan modul purchase, accounting, sales, dashboard, dan inventory. Kemudian, prototipe ERP diuji untuk memastikan kesesuaiannya dengan rancangan yang telah ditetapkan. Pengujian dilakukan dengan memverifikasi prototipe berdasarkan kebutuhan sistem dan memvalidasi prototipe bersama dengan problem owner. Hasil rancangan sistem ERP beserta prototipenya menunjukkan bahwa sistem ERP dapat membantu perusahaan dalam mengurangi waktu proses pembuatan dan rekapitulasi dokumen, menurunkan biaya operasional perusahaan, meningkatkan kualitas data inventori dan dokumen operasional perusahaan, serta meningkatkan proses pengambilan keputusan operasional.