digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kartu Starbucks adalah komponen rencana untuk meningkatkan nilai seumur hidup pelanggan (LTV), yang merupakan antisipasi pendapatan yang dihasilkan pelanggan selama masa hidup mereka di merek atau bisnis tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesenangan dan kepercayaan pelanggan yang sebenarnya ketika menggunakan kartu Starbucks dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kemungkinan pelanggan tetap setia pada perusahaan. Oleh karena itu, penelitian eksplanatori yang tujuannya untuk menjelaskan hubungan, interaksi, perbedaan, dan pengaruh suatu variabel tertentu dengan variabel lain merupakan bentuk penelitian yang menurut peneliti tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Kepercayaan Pelanggan (X2) dan Kepuasan Pelanggan (X1) mewakili variabel independen penelitian. Loyalitas Pelanggan (Y) merupakan variabel terikat penelitian. Analisis regresi linier berganda membuktikan teknik analisis data yang tepat digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan pembahasan dan analisis data yang telah dilakukan, diketahui bahwa loyalitas konsumen untuk tetap menggunakan layanan atau fitur kartu Starbucks dipengaruhi secara signifikan dan positif oleh kepuasan konsumen dan kepercayaan pelanggan dalam menggunakan kartu Starbucks. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-hitung positif sebesar 6,470 dan 6,324 lebih tinggi dari nilai t-tabel yang ditetapkan sebesar 1,980626. Selain itu, signifikansi t yang diperoleh adalah 0,000 dan 0,000, keduanya kurang dari 0,05.