Teori permainan adalah ilmu matematika yang mempelajari model interaksi strategis
antara agen rasional dan berfokus pada studi masalah pengambilan keputusan dengan
mempertimbangkan bayaran atau apa yang didapat dari suatu pengambilan keputusan
tersebut. Dengan demikian, teori permainan berperan dalam studi logika, komputer,
ekonomi, dan lainnya.
Permainan Mobile Online Battle Arena (MOBA) adalah jenis permainan strategi realtime
dimana terdapat dua tim berlawanan yang masing-masing terdiri dari lima pemain
akan mengambil peran sebagai satu karakter dan bekerja sama untuk mengalahkan tim
lawan. Untuk mengalahkan lawan, pemain dituntut untuk memikirkan berbagai keputusan
strategi yang lebih unggul daripada tim atau pemain lawan dengan situasi yang
ada. Pemilihan keputusan strategi pada MOBA berdasarkan aspek yang sudah dibangun
oleh permainan itu sendiri, beberapa aspek tersebut yang akan dibahas di tugas
akhir ini adalah status dasar karakter, kemampuan aktif karakter, item, target karakter
berdasarkan klasifikasi karakter. Kombinasi dari berbagai hal tersebut dapat mempengaruhi
situasi permainan dan merupakan hal umum untuk dipertimbangkan dalam
permainan ini.
Pada tugas akhir ini, dibuat model matematika sistem pertarungan permainan MOBA
ditinjau dari teori permainan dengan proses pengambilan keputusan yang dilakukan
oleh pemain yang rasional. Model tersebut mencakup pendefinisian objek karakter pada
permainan yang terdiri dari aspek yang telah disebutkan, preferensi target karakter
berdasarkan hubungan kuat-lemah antar klasifikasi karakter pada permainan, dan simulasi
pertarungan antar kumpulan karakter sebagai tim dengan hasil tim yang bertahan
merupakan kumpulan karakter yang lebih unggul.