digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Seiring dengan pertumbuhan industri tembakau di Indonesia yang terjadi setiap tahun, hal ini juga menawarkan peluang signifikan bagi pasar cerutu lokal untuk meningkatkan kualitasnya. Angel Cigars percaya bahwa pengembangan merek cerutu lokal yang berkualitas akan meningkatkan daya saingnya di antara merek-merek lain dan meningkatkan peluang bagi calon konsumen untuk menikmati cerutu. Dalam peluncuran terbarunya, 305 Collection, Angel Cigars memanfaatkan daya tarik desain kemasan untuk meningkatkan penjualan produk yang sudah ada sebagai upaya dalam premiumisasi produk. Angel Cigars menggunakan cerutu yang sama dalam 305 Collection yang sebelumnya dijual per batang, di mana pengenalan versi kotak 305 Collection telah melampaui catatan penjualan sebelumnya secara luar biasa dengan menjual 300 kotak dalam dua bulan. Hal ini menunjukkan penggunaan sukses desain kemasan dalam menarik niat pembelian calon konsumen terhadap 305 Collection. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk menginvestigasi pengaruh desain kemasan yang meliputi grafis, warna, volume, dan tipografi terhadap niat pembelian konsumen terhadap 305 Collection milik Angel Cigars. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif melalui survei online, peneliti menganalisis respons dari 233 responden pria berusia 26 - 49 tahun menggunakan IBM SPSS Statistics. Penelitian ini menggunakan Analisis Mean Deskriptif, Analisis Korelasi, Analisis Regresi Linier Berganda, dan Analisis Tabulasi Silang. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan adanya pengaruh sebesar 24,9% dari elemen-elemen kemasan terhadap niat pembelian konsumen. Terutama, temuan penelitian menegaskan bahwa grafis memiliki pengaruh yang signifikan dengan faktor dominan tertinggi (15,4%), dan tipografi juga menunjukkan pengaruh yang signifikan (5,7%). Namun, warna dan volume menunjukkan efek yang kurang signifikan. Studi ini membuktikan dampak positif desain kemasan terhadap niat pembelian konsumen, menyajikan wawasan berharga mengenai hubungan antara desain kemasan dan perilaku konsumen dalam industri cerutu bagi praktisi dan akademisi.