digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Peternakan lebah adalah industri besar yang berdampak besar pada perekonomian dunia. Produk utama yang dihasilkan oleh peternak lebah antara lain madu, beeswax, dan royal jelly. Peternak lebah saat ini mendapat banyak tekanan untuk menyediakan madu berkualitas tinggi dengan harga yang wajar sehingga mereka dapat mempertahankan posisi kompetitifnya di industri. Peternak lebah harus menciptakan produk madu yang unik dan dapat dipasarkan jika ingin meningkatkan pendapatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variasi produk dan kemasan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dan peningkatan penjualan. 210 konsumen produk madu dilacak dalam penelitian ini menggunakan kuesioner online. Penelitian ini menemukan bahwa kemasan produk dan variasi produk memiliki pengaruh sebesar 43,7% terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan elemen tambahan seperti merek, iklan, persepsi, faktor lokasi, dan sebagainya mempengaruhi sisanya sebesar 56,3%.. Berdasarkan temuan penelitian, desain kemasan dan variasi produk harus diperhatikan untuk mengembangkan strategi peningkatan pembelian pelanggan.