digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan zaman yang telah merubah segala kegiatan manusia menjadi serba modern membuat manusia harus beradaptasi secara cepat dengan adanya perkembangan ini. Salah satunya adalah dengan perubahan sistem pekerjaan yang menjadi online. Maka dari itu, banyak café yang pada saat ini menyediakan co-working space untuk menunjang kenyamanan pengunjung yang ingin mengerjakan pekerjaannya. Dengan banyaknya café yang mulai mengusung tema ini, diperlukan adanya keunikan yang dimiliki oleh tiap café agar dapat lebih terlihat menarik di mata masyarakat. Tanamu sebagai sebuah café yang terletak di Kota Bandung juga menyediakan co-working space bagi pelanggan. Tak hanya itu, Tanamu juga menyediakan sebuah art gallery di dalam café yang dapat menjadi hiburan untuk seluruh pelanggan. Uniknya tema yang dimiliki oleh Tanamu harus didukung dengan adanya implementasi strategi pengembangan yang tepat, agar Tanamu dapat berkembang secara maksimal dan dapat dikenal oleh lebih banyak masyarakat. Pada penelitian ini, digunakan strategi marketing mix dan penta helix untuk mengidentifikasi faktor—faktor yang dapat menunjang perkembangan Tanamu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa seluruh aspek pada marketing mix yaitu product, people, place, price, process, promotion, dan physical evidence telah dilengkapi oleh Tanamu, namun belum maksimal sehingga diperlukan adanya perbaikan pada tiap aspek untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Lalu, seluruh aspek pada penta helix yaitu academy, government, community, business, dan media disimpulkan dapat memberikan kontribusinya secara positif untuk perkembangan Tanamu.