2023_TS_PP_Fadhillah Rizki Arrahmah 29121252_1-Full Thesis.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Yose Ali Rahman
Dukungan selebriti sosial media telah menjadi strategi pemasaran populer
selama dekade terakhir. namun tidak selalu efektif untuk proses keputusan
pembelian konsumen. terkadang hal itu membawa dampak buruk bagi merek dan
produk karena pemilihan figur selebriti yang salah. dan bagi UMKM yang memiliki
keterbatasan modal sangat penting untuk secara efektif memilih selebriti sosial
media untuk endorsement agar strategi pemasaran yang dilakukan menghasilkan
pada keputusan pembelian oleh konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk menyelidiki 3 variabel yang terkait dengan dukungan selebriti sosial media,
tetapi memiliki pengaruh paling signifikan terhadap keputusan pembelian. Antara
lain: keahlian, kepercayaan dan daya tarik. sehingga dapat digunakan oleh pemasar
atau UMKM sebagai wawasan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
untuk mengumpulkan data, dengan jumlah sampel sebanyak 205 responden. data
akan dianalisis dengan inner dan outer model dan dihitung dengan statistik PLS.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa semua variabel yaitu keahlian,
kepercayaan dan daya tarik memiliki pengaruh positif terhadap keputusan
pembelian. Namun hanya Trustworthiness dan Attractiveness yang memiliki
pengaruh signifikan dengan nilai p Trustworthiness (0,042 < 0,050) dan diperoleh
koefisien sebesar 0,175 yang berarti positif dan signifikan pada keputusan membeli
serta pengaruh variabel Attractiveness memiliki nilai p (0,000 < 0,050) dengan
koefisien diperoleh sebesar 0,647 yang berartikan memiliki pengaruh positif dan
signifikan pada keputusan membeli. namun pengaruh variabel keahlian tidak
signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai p (0,843 > 0,050) dan
koefisien 0,014 yang berarti pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap
keputusan pembelian. Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa UMKM dapat mempertimbangkan untuk menerapkan dukungan media sosial selebriti untuk
kampanye mereka harus memperhitungkan variabel yang memiliki pengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian. khususnya variabel daya tarik yang
memiliki pengaruh paling signifikan pada keputusan membeli.