digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dukungan selebriti sosial media telah menjadi strategi pemasaran populer selama dekade terakhir. namun tidak selalu efektif untuk proses keputusan pembelian konsumen. terkadang hal itu membawa dampak buruk bagi merek dan produk karena pemilihan figur selebriti yang salah. dan bagi UMKM yang memiliki keterbatasan modal sangat penting untuk secara efektif memilih selebriti sosial media untuk endorsement agar strategi pemasaran yang dilakukan menghasilkan pada keputusan pembelian oleh konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki 3 variabel yang terkait dengan dukungan selebriti sosial media, tetapi memiliki pengaruh paling signifikan terhadap keputusan pembelian. Antara lain: keahlian, kepercayaan dan daya tarik. sehingga dapat digunakan oleh pemasar atau UMKM sebagai wawasan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengumpulkan data, dengan jumlah sampel sebanyak 205 responden. data akan dianalisis dengan inner dan outer model dan dihitung dengan statistik PLS. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa semua variabel yaitu keahlian, kepercayaan dan daya tarik memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Namun hanya Trustworthiness dan Attractiveness yang memiliki pengaruh signifikan dengan nilai p Trustworthiness (0,042 < 0,050) dan diperoleh koefisien sebesar 0,175 yang berarti positif dan signifikan pada keputusan membeli serta pengaruh variabel Attractiveness memiliki nilai p (0,000 < 0,050) dengan koefisien diperoleh sebesar 0,647 yang berartikan memiliki pengaruh positif dan signifikan pada keputusan membeli. namun pengaruh variabel keahlian tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai p (0,843 > 0,050) dan koefisien 0,014 yang berarti pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa UMKM dapat mempertimbangkan untuk menerapkan dukungan media sosial selebriti untuk kampanye mereka harus memperhitungkan variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. khususnya variabel daya tarik yang memiliki pengaruh paling signifikan pada keputusan membeli.