2023 SK PP Muhammad Ghiffary Mokobombang [19020283] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
Pandemi Covid-19 dalam 3 tahun terakhir telah memperkuat pertumbuhan E-commerce, menjadikan belanja online sebagai norma baru dikarenakan aktivitas luring yang terbatas. Untuk membantu pembeli dan penjual dalam melakukan transaksi di E-commerce, platform E-commerce telah memperkenalkan fitur-fitur seperti deskripsi produk, foto produk, rating, dan ulasan. Fitur-fitur ini telah menciptakan lanskap kompetitif, menguntungkan penjual yang dapat menggunakannya secara efektif. Namun demikian, masih banyak penjual yang masih kesulitan untuk mengoptimalkan fitur tersebut dan memasarkan produknya secara efektif kepada pembeli. Kegagalan dalam mengoptimalkan fitur-fitur ini dengan benar, dapat membatasi keefektifan strategi pemasaran dan menempatkan penjual pada risiko kesulitan yang tidak terduga yang dapat dicegah dengan menentukan berbagai efek dari fitur-fitur ini terhadap niat beli pelanggan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh deskripsi produk, foto produk, dan rating & ulasan terhadap niat beli pelanggan di E-commerce. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dimana data dianalisis melalui statistik deskriptif dan PLS- SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga fitur deskripsi produk, foto produk, dan rating & review memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap niat beli di E- commerce. Selain itu, penulis juga menemukan bahwa moderasi persepsi kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap deskripsi produk dan rating & ulasan terhadap niat beli sedangkan moderasi persepsi risiko hanya berpengaruh signifikan terhadap rating & review terhadap niat beli. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada penjual E-commerce dalam mengoptimalkan fitur-fitur dalam E-commerce untuk meningkatkan niat beli pelanggan.