digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di era digital seperti saat ini, beragam teknik pemasaran digunakan menggunakan berbagai alat untuk meningkatkan interaksi pelanggan. Salah satu promosi digital yang mengandalkan kecerdasan buatan (AI) adalah Spotify Wrapped, sebuah kampanye pemasaran dari aplikasi musik Spotify. Banyak konsumen tertarik pada kampanye digital ini, yang turut mempengaruhi tingkat interaksi mereka dengan aplikasi musik tersebut. Ada tiga topik yang akan dibahas berkaitan dengan apa yang dilakukan Spotify Wrapped, bagaimana dampaknya pada interaksi pengguna, dan bagaimana kesuksesan kampanye pemasaran ini dapat diraih. Data akan dikumpulkan melalui dua cara secara kuantitatif. Survei akan diberikan kepada seratus individu sebagai data primer, sementara studi literatur dari jurnal terkait akan memberikan data sekunder. Hasil akhir menunjukkan bahwa pelanggan berpartisipasi aktif dan pasif dalam strategi pemasaran ini. Untuk memahami kaitan penggunaan kecerdasan buatan dalam Spotify Wrapped dan dampaknya pada interaksi pengguna terhadap aplikasi tersebut, data yang dianalisis juga digunakan untuk mendukung hipotesis yang telah dibangun. Studi ini juga mengungkapkan bahwa salah satu faktor yang memengaruhi keputusan pengguna untuk tetap menggunakan aplikasi Spotify adalah Spotify Wrapped. Penelitian ini dibatasi oleh partisipasi hanya dari 100 responden Indonesia yang telah atau sedang menggunakan aplikasi Spotify. Studi ini mengamati perilaku konsumen, terutama respons konsumen terhadap konten personalisasi dan alat pemasaran digital lainnya. Studi ini juga memberikan saran mengenai bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mengembangkan bisnisnya.