Teori permainan merupakan cabang ilmu matematika yang mempelajari tentang
interaksi antara pihak yang terlibat berdasarkan keputusan yang rasional. Seiring
berjalannya waktu, teori permainan berkembang luas sehingga mencakup bidang
lain di luar ekonomi seperti biologi, politik, dan sosiologi.
Media sosial adalah sebuah sarana virtual yang setiap penggunanya dapat membuat
dan mempublikasikan konten berupa teks, gambar, suara, video, ataupun bentuk
lainnya. Individu atau kelompok yang membuat konten secara berkala disebut
sebagai kreator. Salah satu komponen utama yang dapat diteliti dari sebuah konten
adalah visibilitas konten. Terdapat berbagai strategi yang dapat dilakukan oleh
kreator untuk meningkatkan visibilitas konten, salah satunya adalah dengan berkolaborasi
bersama kreator lain.
Setiap kreator perlu mengambil keputusan untuk memilih kreator lain dalam berkolaborasi.
Pada tugas akhir ini, akan didefinisikan pengambilan keputusan dalam
proses kolaborasi sebagai permainan kolaborasi, yaitu sebuah struktur matematis
yang definisinya sesuai dengan konsep-konsep yang ada pada teori permainan.
Selain itu, definisi dari permainan kolaborasi akan diaplikasikan dengan menggunakan
pendekatan simulasi.