2023 SK PP Almira Adani Rusman [19020002] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
Pandemi Covid-19 telah menciptakan perubahan gaya hidup individu, termasuk berbelanja untuk kebutuhan utama mereka. Sebelum pandemi Covid-19, mayoritas masyarakat berbelanja secara offline, namun setelah Covid-19 dan banyaknya kebijakan pembatasan dari pemerintah, masyarakat beralih berbelanja secara online. Indonesia merupakan salah satu negara yang menghadapi perubahan gaya hidup belanja masyarakatnya. Terbukti dengan peningkatan transaksi UMKM di marketplace selama pandemi Covid-19 di Indonesia, meningkat 3,1 juta transaksi per hari dengan peningkatan pengiriman bulanan sebesar 35%. Dari riset yang dilakukan IDN Research Institute, disebutkan bahwa mayoritas generasi z mendominasi dibandingkan generasi milenial dalam menggunakan platform e-commerce digital ketimbang belanja online. Generasi Z kebanyakan berbelanja melalui Tokopedia, Shopee, dan Lazada di Indonesia. Fenomena meningkatnya belanja online, di mana mayoritas didominasi oleh generasi z, telah mendorong penelitian ini dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses keputusan konsumen dalam berbelanja melalui e-commerce di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kuesioner. Studi ini menemukan bahwa generasi z melalui proses keputusan pembelian berdasarkan aspek yang dijelaskan oleh Kotler dan Keller. Pertama, konsumen generasi z menghadapi tahap pengenalan kebutuhan untuk menentukan e-commerce mana yang digunakan dalam keputusan pembelian. Kedua, tahap pencarian informasi adalah mencari informasi tentang produk yang akan dibeli dan memilih toko yang tersedia di e-commerce berdasarkan review dan rating. Ketiga, dalam evaluasi alternatif dan tahap pembelian, generasi z dihadapkan dengan mencari pilihan melalui toko dan berbagai ulasan yang mereka cari untuk memutuskan untuk membeli satu produk di toko e-commerce. Keempat, tahap perilaku pasca pembelian, tahap yang dihadapi generasi z setelah pembelian dengan memberikan review produk dan toko di e-commerce. Penelitian ini berkontribusi pada ruang lingkup mata kuliah manajemen untuk melihat proses pembelian generasi z di Indonesia, terutama pasca pandemi Covid-19, karena penggunaan e-commerce meningkat di Indonesia.