2023_TS_PP_Muhamad Irfan Hadi_29120400_1-Full Thesis.pdf
PUBLIC Open In Flipbook Yose Ali Rahman
Industri Telemedicine telah membantu pasien dan tenaga medis dalam melakukan konsultasi
disaat Pandemi Covid-19 sedang merebak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia pada tahun
2020-2023. Layanan telemedicine dapat membantu pasien dalam menyelesaikan
permasalahannya tanpa harus melakukan layanan offline di rumah sakit. Penelitian sebelumnya
dengan menggunakan framework UTAUT2 menyatakan intensi penggunaan aplikasi pada masa
pandemi dipengaruhi oleh factor Habit, Perceived Risk dan Performance Expectancy. Akan
tetapi, Penyebaran virus perlahan dapat tertangani dengan adanya beberapa kebijakan dari
pemerintah, pelayanan yang handal dari rumah sakit, dan kerjasama dari masyarakat. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui factor-faktor apa saja yang mempengaruhi seseorang
untuk tetap menggunakan Layanan Telemedicine. Objek penelitian pada Studi kasus penelitian
saat ini adalah Halo Hermina dari Hermina Healthcare Group.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dan instrument kuisioner dengan
skala likert untuk mengumpulkan data primer dari konsumen. Disamping itu, Peneliti
menggunakan Framework UTAUT2 yang sebelumnya dikembangkan oleh Baudier untuk
mencari faktor-faktor yang mempengaruhi Continuance Usage Intention dengan menggunakan
metode Structural Model Equation (SEM). Penelitian ini mengolah data dari total 200 responden
yang telah menggunakan aplikasi layanan Telemedicine di area Jabodetabek. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa hanya ada factor Habit yang mempengaruhi pasien dan pengguna aplikasi
untuk terus menggunakan Aplikasi layananan Telemedicine Halo Hermina.
Berdasarkan hasil analisa internal dan eksternal, penulis menggunakan SWOT, TOWS, dan Root
Cause Analysis untuk merumuskan strategi terhadap pengembangan layanan telemedicine Halo
Hermina. Penulis menemukan perlu adanya aplikasi yang dapat membangun habit pasien untuk
dapat terus menggunakan aplikasi layanan. Oleh sebab itu, strategi yang penulis usulkan adalah
peningkatan layanan telemedicine melalui perbaikan, penambahan fitur-fitur, dan kolaborasi.
Perpustakaan Digital ITB