ABSTRAK Mahdy Zhafran Puturahmadika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER MAHDY ZHAFRAN PUTURAHMADIKA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB1 MAHDY ZHAFRAN PUTURAHMADIKA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB2 MAHDY ZHAFRAN PUTURAHMADIKA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB3 MAHDY ZHAFRAN PUTURAHMADIKA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB4 MAHDY ZHAFRAN PUTURAHMADIKA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB5 MAHDY ZHAFRAN PUTURAHMADIKA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB6 MAHDY ZHAFRAN PUTURAHMADIKA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB7 MAHDY ZHAFRAN PUTURAHMADIKA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA MAHDY ZHAFRAN PUTURAHMADIKA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Jembatan Mainroad Gladak adalah salah satu anak proyek dari Proyek
Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen oleh pada Seksi 5: Ambarawa-
Temanggung yang menghubungkan trase jalan tol yang terpisah oleh lereng dengan
Sungai Gladak di bawahnya. Tugas akhir ini memiliki tujuan dalam merancang
sistem fondasi yang dapat memikul beban dari struktur atas dan memfasilitasi
kestabilan lereng eksisting, serta galian yang dibutuhkan dalam konstruksi dengan
merancang dinding penahan tanah.
Fondasi yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah fondasi tiang bor
dengan diameter 1,8 meter dan kedalaman yang bervariasi. Perancangan analisis
dilakukan dengan analisis daya dukung aksial tiang tunggal dan grup, analisis
kapasitas lateral tiang tunggal dengan menggunakan bantuan perangkat lunak
LPILE, analisis daya dukung lateral tiang grup dengan bantuan perangkat lunak
GROUP, analisis penurunan dan beda penurunan antarfondasi, penulangan fondasi
tiang bor dan pilecap dengan bantuan perangkat lunak spColumn.
Lereng pada Jembatan Mainroad Gladak ini dibagi menjadi dua bagian agar
memudahkan analisis kestabilan lereng. Kestabilan lereng difasilitasi dengan dua
perkuatan lereng yang berbeda jenis, yaitu secant pile dan soil nailing. Analisis
galian dan kestabilan lereng dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak
PLAXIS 2D dengan model tanah Mohr-Coulomb. Galian yang dilakukan untuk
memfasilitasi kestabilan lereng bervariasi untuk tiap lereng dengan menyesuaikan
kontur tanah tiap lerengnya. Hasil analisis perkuatan lereng kiri difasilitasi oleh
secant pile dengan kedalaman 20 meter dan soil nailing dengan kedalaman 10,75
meter. Hasil analisis perkuatan lereng kanan difasilitasi oleh secant pile dengan
kedalaman 13 meter dan soil nailing dengan kedalaman 8,8 meter. Soil nailing
untuk kedua lereng dibutuhkan sepanjang 12 meter dengan diameter lubang bor 0,3
meter yang diperkuat oleh tulangan nail 35 mm. Penutup muka dari soil nailing
dirancang dengan dinding shotcrete setebal 0,3 m diperkuat dengan tulangan
wiremesh.