digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Adeliya Aminirezqi
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 1 Adeliya Aminirezqi
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 2 Adeliya Aminirezqi
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 3 Adeliya Aminirezqi
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 4 Adeliya Aminirezqi
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 5 Adeliya Aminirezqi
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

PUSTAKA Adeliya Aminirezqi
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

LAMPIRAN Adeliya Aminirezqi
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Permintaan rumah adalah kemampuan dan kemauan konsumen untuk membeli rumah dengan harga tertentu. Kehadiran young professional akan memicu peningkatan permintaan rumah karena mereka baru terjun ke dalam dunia kerja dan membutuhkan rumah dalam menunjang karirnya. Penelitian ini menganalisa permintaan rumah oleh young professional dan pengaruh karakteristik sosial, ekonomi, dan rumah pada permintaan tersebut. Penelitian mengguna metoda analisis statistik deskriptif, analisis korelasi, dan analisis linear berganda. Analisis linear berganda yang dilakukan untuk merumuskan tiga model, yaitu harga hedonik ruma, harga hedonik sewa, dan estimasi permintaan rumah. Variabel tidak bebas yang digunakan dalam merumuskan model permintaan adalah jumlah pendapatan yang bersedia dikeluarkan untuk menabung rumah. Variabel bebas yang digunakan dalam merumuskan model permintaan adalah jumlah pendapatan, jumlah anggota keluaga yang ditanggung saat ini, usia, lama tinggal, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan status pernikahan. Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui bahwa young professional secara keseluruhan memiliki permintaan untuk membeli maupun menyewa hunian dengan harga dan luas tertentu.