Christian Gunawan [13519199].pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Pengembangan model pembelajaran metode scrum dengan gamifikasi
menggunakan permainan papan kapal perang bertujuan untuk mengevaluasi
efektivitas penggunaan gamifikasi dalam pembelajaran metode Scrum dan
mengeksplorasi apakah ini dapat menjadi alternatif yang efektif dan
menyenangkan dibandingkan metode pembelajaran teoritis. Data dikumpulkan
melalui observasi, wawancara, dan survei yang diisi oleh dua puluh responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gamifikasi melalui permainan
papan kapal perang dalam pembelajaran metode Scrum dapat meningkatkan
pengetahuan dan pemahaman subjek penelitian tentang metode Scrum, serta
meningkatkan keterlibatan dan interaksi mereka dalam proses pembelajaran. Hasil
dari kesimpulan ini didukung dengan perhitungan menggunakan uji normalitas
pada data dan uji nonparametrik untuk untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil
dari uji normalitas dan uji nonparametrik mendukung kesimpulan bahwa
penggunaan gamifikasi melalui permainan papan kapal perang dalam
pembelajaran metode Scrum memberikan perbedaan yang signifikan dan positif
dalam peningkatan pengetahuan, pemahaman, serta keterlibatan para pemain.
Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan gamifikasi
melalui permainan papan kapal perang dalam pembelajaran metode Scrum dapat
menjadi alternatif metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.