PT. Karya Toha Putra adalah perusahaan keluarga yang bergerak di bidang industri percetakan dan telah berdiri sejak tahun 1962. Perusahaan ini telah memiliki 16 cabang yang tersebar di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Sulawesi, dan Pulau Kalimantan. Beberapa produk yang dihasilkan oleh PT. Karya Toha Putra antara lain Al-Qur'an dan buku-buku, buku-buku Islam, serta buku-buku khusus untuk Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah. Masalah yang dihadapi oleh perusahaan adalah pelanggan mengeluh tentang produk yang terlalu mahal dibandingkan dengan pesaing yang menawarkan barang berkualitas serupa, kurangnya kreativitas perusahaan dalam pengembangan produk, kekurangan sumber daya manusia, dan kontrol keuangan yang tidak efektif berkontribusi pada kinerja karyawan yang buruk dan menghambat peluang pertumbuhan.
Penelitian ini menggunakan beberapa analisis, termasuk analisis konsumen, analisis eksternal yang mencakup analisis lingkungan umum, analisi industri, analisis kompetitor serta analisis internal yang meliputi analisis sumber daya, aktivitas rantai nilai, dan bisnis model kanvas. Selanjutnya, dilakukan analisis SWOT dan matriks TOWS untuk merumuskan strategi yang dapat diterapkan oleh PT. Karya Toha Putra.
Dalam rangka meningkatkan kinerja, PT. Karya Toha Putra perlu fokus pada penerapan strategi yang lebih mudah diimplementasikan dan tidak memerlukan sumber daya awal yang signifikan. Hal ini termasuk menerapkan sistem kolaborasi yang baru, meningkatkan promosi pemasaran, memperkenalkan varian produk baru yang sesuai dengan permintaan pasar serta membentuk divisi khusus riset dan pengembangan produk. Selain itu, penting untuk mengembangkan sistem kontrol yang kuat dan melakukan investasi dalam mesin cetak digital guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional.
Perpustakaan Digital ITB