Karina Imani [13519166].pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Penelitian terkait implikasi dimensi budaya Hofstede terhadap desain interaksi
dan desain berbasis budaya (culture-based design) untuk produk-produk digital
dari berbagai domain sudah lama ditekuni oleh sejumlah peneliti. Sebagai upaya
meneliti efek penerapan desain berbasis budaya pada desain interaksi untuk
masyarakat Indonesia, serta meningkatkan penggunaan dan kepuasan masyarakat
Indonesia terhadap situs web World Education, dikembangkan sebuah aplikasi
berbasis web berupa lokalisasi situs web World Education. Pengembangan
aplikasi menggunakan model proses desain berbasis budaya dan merujuk kajian
kebutuhan masyarakat Indonesia, audit situs organisasi amal lokal, dan implikasi
dimensi budaya Hofstede. Aplikasi dirancang menggunakan Figma,
diimplementasi menggunakan React, dan dikembangkan dalam dua iterasi.
Pengujian aplikasi dilakukan secara kualitatif pada iterasi pertama dan kuantitatif
pada iterasi kedua. Adapun, aplikasi bertujuan meningkatkan usability goal
berupa efficiency, learnability, dan utility, serta memberikan pengalaman
pengguna yaitu motivating dan helpful. Usability goal efficiency diukur
menggunakan single ease question (SEQ), sementara learnability dan utility
diukur menggunakan success rate pengerjaan berbagai task. Selain itu, user
experience goals, kepuasan terhadap estetika aplikasi, dan atribut desain yang
paling berpengaruh dalam lokalisasi dinilai melalui penilaian skala Likert untuk
berbagai elemen situs. Hasil pengujian menyatakan bahwa usability goals dan
kepuasan estetika situs web World Education hasil lokalisasi cenderung
meningkat dibandingkan dengan situs orisinal, dengan beberapa fitur mengalami
peningkatan yang signifikan. User experience goals tercapai menurut pengujian,
dan diperoleh kesimpulan bahwa atribut desain yang paling berpengaruh pada
lokalisasi adalah visual representation, layout, dan navigation.