digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Lazna Suci Wali
PUBLIC Alice Diniarti

Percobaan ini mengujicobakan perlakuan yang menggunakan pemodelan dengan berlandaskan pada pemaknaan dan penalaran kepada siswa. Perlakuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Percobaan ini bersifat kualitatif. Subjek dalam percobaan ini adalah tiga orang siswa kelas 8 di sebuah sekolah menengah pertama di Cimahi. Materi yang dicakup dalam percobaan adalah bangun datar. Topik ini merupakan prasyarat untuk topik yang akan dipelajari siswa di kelas. Ada 4 tahap dalam percobaan ini, yaitu tahap memperoleh data awal, tahap konfirmasi, tahap penerapan perlakuan dan tahap evaluasi. Perlakuan diberikan dalam bentuk pemodelan matematika yang menekankan penalaran dan pemaknaan. Ketiga siswa menerima perlakuan dalam tiga kali pertemuan yang berlangsung dalam periode enam minggu. Pada setiap pertemuan siswa diminta mengerjakan dua soal perlakuan dan satu soal evaluasi. Siswa diminta menyelesaikan kedua soal perlakuan dan menjelaskan proses pengerjaannya secara lisan. Berdasarkan percobaan yang dilakukan, mengerjakan soal pemodelan yang berlandaskan pemaknaan dan penalaran tampaknya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.