digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Yunus Adhimukti
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Yunus Adhimukti
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Yunus Adhimukti
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Yunus Adhimukti
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Yunus Adhimukti
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Yunus Adhimukti
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Yunus Adhimukti
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Beberapa tahun belakangan, pandemi telah membuat banyak industri mengalami kesulitan. Salah satu kesulitan yang dihadapi adalah terkait perubahan kebiasaan karyawannya dalam bekerja dikarenakan perubahan regulasi seperti bekerja dari rumah, bekerja hybrid dan kembali bekerja dari kantor. Banyak tantangan yang mereka hadapi terkait kebiasaan baru saat berinteraksi, bekerja, dan berkolaborasi. PT. XL Axiata, Tbk sebagai organisasi yang berpusat pada pelanggan memahami bahwa untuk memberikan pengalaman pelanggan yang baik perusahaan harus memastikan karyawannya juga memiliki pengalaman bekerja yang baik. Karena kualitas dari pengalaman pelanggan adalah cerminan dari kualitas pengalaman karyawan di perusahaan. Pengalaman karyawan biasanya diukur melalui survei skor promotor. Studi ini ditujukan untuk menemukan akar masalah dan korelasi dari fasilitas dan pelayanan area kerja dengan persepsi pengalaman karyawan dan skor promotor. Beberapa temuan melalui metodologi riset campuran dilakukan untuk mengetahui akar masalah terhadap penilaian karyawan terhadap pengalaman di area kerja. Hasil temuan tersebut dianalisis dengan metode analisis konten, analisis tematik dan analisis perencanaan ruang, kemudian dikombinasikan pada diagram tulang ikan, sehingga menghasilkan hipotesis terhadap akar masalah yang ada. Rekomendasi yang diusulkan untuk memperbaiki pengalaman karyawan terkait fasilitas dan pelayanan area kerja adalah perbaikan peraturan dan prosedur, penyesuaian dengan kultur perusahaan, efektif komunikasi strategi, pembuatan standar desain terkait area kerja, strategi survei skor promotor, serta peningkatan kualitas dan kapabilitas area kerja secara bertahap dan berkelanjutan.