digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Exsport merupakan salah satu merek lokal dari Indonesia yang didirikan pada tahun 1979 dan telah melakukan rebranding sebanyak delapan kali dimana rebranding terakhirnya dilakukan pada awal tahun 2021 karena Exsport mengalami penurunan pendapatan yang signifikan. Memperkenalkan wajah Exsport yang baru pada masa pandemi bukanlah hal yang mudah, oleh sebab itu perusahaan harus tangkas dalam membuat strategi marketing secara online khusunya melalui social media. Perencanaan strategi yang dibangun harus mencakup analisa secara menyeluruh terhadap lingkungan eksternal yang mencakup analisis PESTLE, analisis pesaing, dan analisis pelanggan. Selain faktor-faktor eksternal tersebut, Exsport juga harus menaruh fokus dalam analisis secara internal yang menyeluruh seperti analisis Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP), analisis proporsisi nilai, dan analisis terhadap 7P mix marketing Exsport. Selain melakukan beberapa analisis tersebut, analisis konsumen menjadi salah satu yang penting untuk dilakukan untuk dapat memvalidasi pemahaman customer tentang merek Exsport dengan branding baru sehingga langkah-langkah yang harus di implementasikan melalui usaha strategi media sosial Exsport dapat diukur. Dengan mempertimbangkan hasil dari analisisanalisis diatas, strategi media sosial yang diusulkan mencakup memaksimalkan penggunaan media sosial yang dimiliki Exsport dengan alternatif aktivasi dan kolaborasi aktivasi, meningkatkan kredibilitas merek Exsport dan kepercayaan konsumen melalui rating baik di media sosial yang organik, membangun komunitas melalui media sosial, dan juga meningkatkan kuantitas keanggotaan Exsport melalui program-program yang di di informasikan pada setiap social media Exsport. Indikator kesuksesan dalam mengimplementasikan strategi-strategi tersebut diukur melalui Objective and Key Result (OKR) yang mencakup peningkatan brand awareness dan brand engagement yang akan berpengaruh pada peningkatan pendapatan. Strategi media sosial yang direncanakan akan diimplementasikan dalam jangka waktu enam bulan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah untuk menganalisis hasil yang didapat dari strategi yang diusulkan sehingga dapat menjajaki strategi pemasaran potensial lainnya untuk Exsport yang hasilnya dapat dinikmati dalam jangka waktu panjang.