digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Novellya Devivarlianti
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Perkembangan pengguna media sosial di Indonesia semakin bertambah dengan seiring perkembangan teknologi. Pandemi COVID-19 yang terjadi menambah fungsi awal media sosial menjadi platform jual beli yang disebut sebagai social commerce. TikTok merupakan salah satu social commerce berbasis video pendek yang menjadi pilihan di masyarakat sehingga bisa melakukan jual beli lebih interaktif. Dalam menyukai suatu video pemasaran di TikTok, diperlukan berbagai pertimbangan yang baik berdasarkan faktor-faktor tertentu yang memengaruhi keputusan pengguna. Faktor-faktor tersebut diantaranya ialah produk, pembuat konten, konten, dan strategi marketing. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah model matematika dari pengaruh produk, pembuat konten, konten, dan strategi marketing terhadap keputusan pengguna di TikTok. Pemodelan dibangun untuk memperoleh faktor yang memengaruhi keputusan pengguna di TikTok menggunakan Regresi Linear Berganda. Pada penelitian ini yang dimisalkan sebagai variabel independen adalah produk, pembuat konten, konten, dan strategi marketing serta variabel dependen adalah keputusan pengguna TikTok dalam menyukai suatu video pemasaran di TikTok. Penelitian ini dimulai dengan meninjau faktor-faktor yang memengaruhi variabel dependen, dilanjutkan dengan mengumpulkan data menggunakan kuesioner skala likert-5 poin. Statistika deskriptif diolah dari hasil kuesioner penelitian. Selanjutnya, data diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas untuk mengetahui kelayakan pertanyaan untuk responden. Regresi linear berganda dilakukan dengan mengombinasikan empat variabel dependen menjadi regresi linear berganda dua variabel independen, tiga variabel independen, dan empat variabel independen. Diperoleh model regresi linear berganda yang memiliki nilai R Square Adjusted paling tinggi. Model tersebut akan diuji melalui uji asumsi klasik data. Berdasarkan hasil regresi linear berganda diperoleh model matematika adalah ???? = ?0.895 + 0.662 ???? 2 + 0.366 ???? 4 dan faktor yang paling berpengaruh adalah faktor pembuat konten dan strategi marketing.