digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Raihan Fauzan
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan dunia e-sport sangat melesat. Salah satunya adalah permainan Dota 2, yang merupakan permainan strategi waktu nyata (Real-Time Strategy/RTS) bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Salah satu aspek strategis pada permainan Dota 2 adalah fase Drafting. Fase Drafting adalah fase ketika kedua tim memilih dan melarang karakter yang krusial terhadap jalannya permainan. Pada Tugas Akhir ini, akan dibuat model matematika dari fase Drafting dan akan dilakukan pencarian langkah terbaik berdasarkan faktorfaktor yang berpengaruh pada fase Drafting yaitu preferensi tim, Hero META, sinergi dan kontra antar Hero, posisi Hero, dan peran Hero. Model matematika yang digunakan adalah model yang dikonstruksi berdasarkan konsep teori permainan. Teori Permainan adalah bidang matematika yang menganalisis fenomena interaksi strategis antarsubjek rasional yang dapat mengambil keputusan. Teori permainan mempelajari bagaimana interaksi antara banyak pihak memengaruhi pengambilan keputusan. Model matematika fase Drafting dikonstruksi berdasarkan konsep permainan statis dan dinamis, lalu dicari solusi optimal dari model tersebut untuk mendapatkan gambaran langkah terbaik yang dapat dilakukan oleh tim pada fase Drafting. Dalam pembuatan model, digunakan data permainan berupa data statistik untuk tiap Hero dan data hasil pertandingan.