Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan dunia e-sport sangat melesat. Salah
satunya adalah permainan Dota 2, yang merupakan permainan strategi waktu nyata
(Real-Time Strategy/RTS) bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena).
Salah satu aspek strategis pada permainan Dota 2 adalah fase Drafting. Fase
Drafting adalah fase ketika kedua tim memilih dan melarang karakter yang krusial
terhadap jalannya permainan. Pada Tugas Akhir ini, akan dibuat model matematika
dari fase Drafting dan akan dilakukan pencarian langkah terbaik berdasarkan faktorfaktor
yang berpengaruh pada fase Drafting yaitu preferensi tim, Hero META,
sinergi dan kontra antar Hero, posisi Hero, dan peran Hero. Model matematika yang
digunakan adalah model yang dikonstruksi berdasarkan konsep teori permainan.
Teori Permainan adalah bidang matematika yang menganalisis fenomena interaksi
strategis antarsubjek rasional yang dapat mengambil keputusan. Teori permainan
mempelajari bagaimana interaksi antara banyak pihak memengaruhi pengambilan
keputusan. Model matematika fase Drafting dikonstruksi berdasarkan konsep
permainan statis dan dinamis, lalu dicari solusi optimal dari model tersebut untuk
mendapatkan gambaran langkah terbaik yang dapat dilakukan oleh tim pada fase
Drafting. Dalam pembuatan model, digunakan data permainan berupa data statistik
untuk tiap Hero dan data hasil pertandingan.