digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. (BJB) merupakan salah satu bank pembangunan daerah terbesar di Indonesia. Salah satu layanan perbankan yang ditawarkan oleh BJB adalah DIGI. DIGI merupakan layanan mobile banking yang disediakan oleh BJB untuk nasabah agar dapat mengakes layanan perbankan yang disediakan BJB melalui telfon genggam. Berdasarkan laporan tahunan BJB untuk tahun 2022, jumlah pengguna DIGI pada tahun 2022 mencapai jumlah 849 ribu user. Jumlah tersebut masih jauh jika dibandingkan dengan jumlah akun dari dana pihak ke tiga BJB yang mencapai 5,2 juta pada tahun 2022. Jika kita membandingkan jumlah pengguna DIGI dengan jumlah akun dari dana pihak ketiga maka jumlah pengguna DIGI hanya sebesar 14,97 persen dari jumlah akun dari dana pihak ketiga BJB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan jumlah nasabah BJB yang menggunakan DIGI. Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode mix method dengan mencampurkan metode kualitatif berupa interview terhadap 10 orang nasabah dan tim dari digital banking BJB dan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner terhadap 230 nasabah BJB melalui google form. Smart PLS digunakan untuk mengolah data dan menguji hipotesa yang telah dibangun berdasarkan hasil interview dan kuisioner dari nasabah. Metode dan hipotesa yang dibangun pada penelitian ini berdasarkan pada Unified Theory of Acceptance and Use of Technology yang usulkan oleh Viswanath Venkatesh pada tahun 2003.Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Ekspektasi Kinerja dan Ekspektasi Usaha mempengaruhi intensi seseorang untuk menggunakan DIGI. Penelitian ini juga menemukan bahwa Kondisi Yang Memfasilitasi dan Intensi nasabah mempengaruhi kemungkinan nasabah untuk mengaplikasikan DIGI secara nyata. Berdasarkan temuan tersebut dan beberapa analsisis internal serta eksternal perusahaan, penulis memberikan beberapa strategi yang dapat membantu BJB untuk meningkatkan jumlah nasabah yang menggunakan DIGI menggunakan alat SWOT dan TOWS. Strategi yang ditawarkan pada penulisan ini adalah membangun layanan keuangan berbasis QRIS pada aplikasi DIGI, berkolaborasi dengan berbagai platform e-commerce dengan menyediakan layanan pembayaran khusus, membangun layanan aktivasi akun DIGI melalui telefon genggam, dan memberikan edukasi kepada nasabah berkaitan dengan layanan dan keuntungan dari menggunakan DIGI.