digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


BAB 1 Vira Maulina Putri
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Vira Maulina Putri
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Vira Maulina Putri
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Vira Maulina Putri
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Vira Maulina Putri
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Vira Maulina Putri
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Perkembangan teknologi mendukung percepatan tumbuh dari industri kesehatan. Teknologi memberikan kesempatan bagi pelaku usaha dalam menyampaikan keunggulan produk untuk disebarkan secara luas melalui media digital. Selain memberikan manfaat dalam penyebaran informasi yang mudah, media digital juga dapat menjadi sarana penjualan bagi industri kesehatan. Berdasarkan data Tokopedia (E-Commerce dengan user terbanyak di Indonesia), penjualan terbesar didominasi oleh produk kesehatan. Data dalam jumlah besar (big data) yang tersedia pada E-Commerce dapat diekstraksi dengan menggunakan metode Web Scraping. Big data dapat diproses untuk mendapatkan wawasan tertentu dalam mencapai keunggulan kompetitif. CV Nutri Pro sebagai usaha menengah memiliki data terbatas yang menyebabkan bauran pemasaran yang telah disusun sebelumnya tidak menyeluruh. Kondisi tersebut menyebabkan ketidaksinkronan, dimana adanya permintaan yang tidak dapat terpenuhi. Berdasarkan peluang pemanfaatan big data, CV Nutri Pro dapat menentukan usulan bauran permasaran baru yang komprehensif. Setiap aspek bauran pemasaran (4P) akan proses dengan analitik data besar. Metode yang digunakan meliputi Pivot Data, K-Means, dan Multidimensional Scaling (MDS). Penelitian ini memberikan wawasan baru bagi perusahaan untuk pembaharuan bauran pemasaran serta saran dari rencana implementasi bagi perusahaan.