digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TS PP IFTIKA SULIASTUTI 1.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Motif gambar fauna memiliki nilai estetik yang dapat mencirikan suatu karakter visual suatu brand atau produk pakai contohnya produk fashion tekstil. Pengaplikasian gambar fauna produk fashion memiliki tujuan dan kesan agar menjadi daya tarik yang disesuaikan dengan pengguna. Brand Alzena Kids Moslem merupakan produsen fashion muslim yang menjual produk hijab modis untuk anak. Karakter visual yang menjadi daya tariknya dengan menggunakan adaptasi visual dari gambar kartun unicorn yang merupakan hewan imajinasi. Batik Rifa’iyah memiliki kesamaan dalam pengaplikasian motif gambar fauna pada baju muslim dengan bentuk abstrak. Topik yang diangkat dalam penelitian ini adalah analisis desain dengan kajian unsur estetika motif gambar unicorn. Selain itu, belum ada topik penelitian yang secara khusus menganalisis penggunaan motif gambar fauna dalam strategi pengembangan produk hijab modis melihat dari unsur estetik serta analisis komposisi dan adaptasi visual. Metode penelitian melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengamati fenomena dan menganalisis pendekatan estetik yang digunakan dalam pengembangan gambar unicorn pada hijab modis. Hijab modis Alzena Kids Moslem memiliki karakteristik yang dapat dipadukan dengan pakaian lain untuk tampil fashionable dan nyaman buat sehari-hari. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan motif gambar kartun unicorn bersifat humor, dalam pengembangan produk hijab modis brand Alzena Kids Moslem memberikan nilai estetik dan daya tarik yang disesuaikan pengguna produk untuk anak perempuan. Hasil strategi pengembangan produk brand Alzena Kids Moslem melalui adaptasi visual menghasilkan kualitas produk hijab modis, instan dan efisien yang menjadi daya tarik penggunanya.