18219026 Ahmad Fadhil Ramadhan.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Rekomendasi produk merupakan teknologi yang terus dikembangkan dalam penelitian
e-commerce guna meningkatkan penjualan. Namun, pembangunan rekomendasi
produk seringkali hanya berfokus pada rating eksplisit yang dilakukan oleh pengguna,
yang mencakup sebagian kecil intensi sebenarnya saat mencari barang yang diinginkan.
Oleh karena itu, pada penelitian ini akan dibangun model rekomendasi produk
menggunakan pendekatan item-based collaborative filtering dengan memberikan
pembobotan pada rating implisit berupa aksi user terhadap item. Dalam membangun
model, dilakukan percobaan dengan beragam nilai pembobotan untuk aksi tersebut dan
didapatkan bahwa nilai pembobotan tersebut memengaruhi nilai recall. Adapun recall
merupakan metrik evaluasi utama pada penelitian ini. Semakin tinggi recall
mengindikasikan kinerja model yang semakin baik dalam merekomendasikan barang
kepada pengguna.