18219006 Marcelino Feihan.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Product recommendation merupakan salah satu teknologi yang terus
dikembangkan dari waktu ke waktu, terutama dalam penelitian untuk e-commerce.
Hal tersebut dilakukan karena dengan membangun model product
recommendation yang baik, maka e-commerce dapat meningkatkan penjualannya.
Sayangnya, pembangunan product recommendation seringkali dilakukan
berdasarkan explicit rating yang dilakukan oleh user, padahal hal tersebut hanya
mencakup sebagian intensi dari user saat mencari item yang dia inginkan. Selain
itu, product recommendation seringkali memberikan rekomendasi item yang
seharusnya sudah tidak menjadi intensi user itu lagi karena item serupa sudah
pernah dibelinya. Melihat hal tersebut, maka akan dibangun model product
recommendation menggunakan user based collaborative filtering dengan
memberikan pembobotan pada implicit rating yang berupa event type suatu user
kepada suatu item. Dilakukan juga percobaan berbagai macam pembobotan untuk
event type yang ada dan dihasilkan fakta bahwa pembobotan tersebut
mempengaruhi nilai recall, dimana secara umum, nilai recall nya akan semakin
tinggi