ABSTRAK Yusuf Firdaus Arifi
Terbatas  Dwi Ary Fuziastuti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dwi Ary Fuziastuti
» Gedung UPT Perpustakaan
Pemberian rekomendasi produk yang tepat untuk meningkatkan konsumsi
pengguna adalah tujuan banyak perusahaan saat ini. Pengguna biasanya memilih
atau membeli produk baru yang sedang banyak diminati, produk yang serupa
dengan minatnya, atau masukan dari pengguna lain. Untuk melakukan semua
ini secara otomatis, sebuah sistem rekomendasi harus diterapkan. Tugas akhir
ini bertujuan untuk membangun sistem rekomendasi untuk pengguna baru dan
pengguna tepat saat telah melakukan pembelian. Data yang digunakan merupakan
kumpulan data transaksi dari US Superstore Marketplace pada kuartal keempat
2018 yang kolom-kolomnya telah diseleksi. Data tersebut terdiri dari 1033
baris data transaksi pembelian oleh 418 pengguna dan terdapat 729 produk.
Sistem rekomendasi dibangun menggunakan model multi-pemfilteran yang
menggunakan beberapa teknik pemfilteran, yaitu pemfilteran global, pemfilteran
berbasis produk, dan pemfilteran aturan-asosiasi. Pemfilteran global menggunakan
informasi penjualan untuk memberikan rekomendasi berupa produk terlaris.
Teknik pemfilteran berbasis produk bertujuan untuk memberikan rekomendasi
produk yang paling mirip dengan produk yang telah dibeli menggunakan informasi
kategori, subkategori, dan nama produk. Pemfilteran aturan-asosiasi memberikan
rekomendasi produk yang sering dibeli bersamaan dengan produk lain menggunakan
informasi data histori transaksi. Model multi-pemfilteran ini memberikan
kemudahan bagi pengguna untuk memilih berbagai opsi produk dalam satu waktu.
Dalam perkembangannya, sistem rekomendasi berperan meningkatkan proses dan
kualitas dalam pengambilan keputusan. Sehingga, berdampak pada peningkatan
penjualan dan pendapatan perusahaan.