Gembira Houseware merupakan toko serba ada di Gorontalo yang melakukan kegiatan bisnisnya
melalui penjualan alat dapur dan rumah tangga baik kepada pembeli eceran, grosir, dan hotel
restoran. Tidak ada perbedaan distingtif antar kategori pelanggan dilihat dari rata-rata kuantitas
pembelian, frekuensi pembelian, pengeluaran pelanggan, kategori produk yang dibeli, dan
persentase diskon yang diberi pada masing-masing kategori pelanggan. Untuk mempertahankan
eksistensinya, diperlukan suatu langkah personalisasi untuk meningkatkan penjualan. Penelitian
ini bertujuan untuk memberikan usulan rekomendasi produk pada pelanggan-pelanggan tertentu
hasil segmentasi pelanggan Gembira Houseware berdasarkan nilai recency, frequency, dan
monetary dari data penjualan dari September 2018 hingga Oktober 2019.
Untuk mencapai tujuan tersebut, data penjualan 13 bulan harus dibersihkan dan ditransformasi
mengikuti konsep data preparation pada konsep data mining sehingga diperoleh data bersih siap
olah. Selanjutnya dibuat pengelompokkan pelanggan baru berdasarkan nilai recency, frequency,
dan monetary dengan K-means clustering. Pengelompokkan menghasilkan 4 cluster dan dipilih
satu kelompok pelanggan yang akan diberikan rekomendasi produk. Rekomendasi produk
dirancang menggunakan algoritma pada collaborative filtering; cosine similarity dan singular
value decomposition dan akan dipilih algoritma terbaik dalam menentukan rekomendasi produk.
Pengolahan menghasilkan empat kelompok pelanggan dengan pelanggan pada kelompok golden
customer sebagai pelanggan target yang akan diberikan rekomendasi produk karena memiliki
profil recency, frequency, dan monetary tertinggi yang menunjukkan pelanggan loyal yang layak
diretensi. Kepada 1657 pelanggan golden customer, diberikan 88895 usulan rekomendasi produk
berdasarkan algoritma singular value decomposition. Algoritma ini menghasilkan rekomendasi
produk dengan performansi F-measure 17%, lebih baik dibandingkan kondisi saat ini.