2023 SK PP Ega Anda Rista [19220066] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
Meningkatnya kebutuhan di ekonomi Indonesia menuntut ibu rumah tangga tidak hanya untuk mengurus keluarga tetapi juga untuk mengejar karir setinggi mungkin. Sebagai ibu rumah tangga karir, sebagian besar dari mereka memiliki gaya hidup yang sibuk, namun dibarengi dengan kemampuan mengelola rumah tangga secara efektif, termasuk kebutuhan pangan keluarga sehari-hari. Di Indonesia sendiri, tren produk Ready-to-Cook (RTC) mulai muncul pada tahun 2010 yang menyediakan kebutuhan makanan sehari-hari lebih praktis dengan mempersingkat waktu memasak. Meski begitu, produk-produk tersebut sering disalahtafsirkan, sehingga sulit menembus pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan segmentasi produk Ready-to-Cook (RTC) meliputi karakteristik, faktor-faktor yang dipertimbangkan pelanggan, hingga hambatan dalam menggunakan produk, khususnya untuk penetrasi pasar di Bandung, Jawa Barat. Tujuannya adalah untuk dapat menentukan hambatan umum, dengan ini memberikan strategi dan implementasi terbaik untuk penetrasi produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan wawancara mendalam sebagai metode pengumpulan data. Dari dua belas informan yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling, penelitian ini menunjukkan ada empat jenis karir ibu rumah tangga yang dapat diidentifikasi. Kategori tersebut meliputi berapa frekuensi memasak ibu rumah tangga, lama waktu yang dibutuhkan dalam setiap kegiatan memasak, dan apakah ibu rumah tangga karir memiliki sistem pendukung (yaitu asisten rumah tangga). Dari segi hambatan, sekitar 58% informan salah dalam memahami ready-to-cook (RTC) dan mengarah ke ready-to-eat (RTE), kondisi ini menimbulkan hambatan yang tinggi. Meskipun demikian, lebih dari separuh informan berpersepsi bahwa ready-to-cook (RTC) memenuhi kebutuhan mereka dari segi kenyamanan, variasi menu hingga harga yang mereka anggap lebih murah jika dibandingkan dengan membeli makanan siap saji, oleh karena itu hampir semua informan tertarik untuk mencoba membeli produk ready-to-cook (RTC).