digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan pasar kosmetik di Indonesia saat ini semakin meningkat. Berdasarkan kondisi pasar kosmetik saat ini, diperlukan strategi pemasaran untuk menghadapi persaingan pasar. Dengan perkembangan era digital, Instagram telah menjadi alat pemasaran digital untuk industri kecantikan. Lumna, merek kosmetik baru di Indonesia menghadapi penjualan yang stagnan karena terbatasnya aktivitas pemasaran, terutama di Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kegiatan pemasaran media sosial yang mempengaruhi niat beli Lumna. Metode kuantitatif digunakan dengan mengumpulkan data melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan PLS-SEM. Riset ini diikuti oleh 220 wanita berusia 19-35 tahun yang membeli kosmetik lokal dan aktif menggunakan Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif SMMA (Social Media Marketing Activities) dengan item Entertainment, Interaction, Customization, & Trendiness terhadap minat beli. SMMA juga secara positif memengaruhi niat beli melalui variabel mediasi seperti ekuitas merek dan keterlibatan merek sosial. Lumna dapat memanfaatkan hasil ini untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif berdasarkan preferensi pelanggan di Instagram untuk meningkatkan niat beli.