digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini membuat pariwisata Indonesia memiliki potensi besar sebagai penambah devisa negara. Seiring dengan potensi tersebut, perkembangan era digitalisasi di Indonesia berkembang pesat, ditandai dengan bermunculannya startup di bidang pariwisata. Hal ini membuat singgah menawarkan platform pariwisata bagi wisatawan yang membutuhkan informasi destinasi wisata di Indonesia dan tiket akomodasi perjalanan secara real time. Saat ini singgah bermasalah dengan penurunan pengunjung yang datang ke website. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dimana permasalahan tersebut terjadi. Penelitian ini menggunakan analisis melalui faktor eksternal dan internal sehingga peneliti dapat mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh singgah. Ini termasuk dalam analisis SWOT dan melakukan analisis akar penyebab dari masalah yang ada. Setelah mendapatkan akar permasalahannya, penelitian ini dilanjutkan dengan memberikan alternatif solusi singgah yang dapat diimplementasikan ke dalam strategi perusahaan. Dengan begitu, penelitian ini berimplikasi pada perusahaan dengan mengefisienkan biaya operasional website dan meningkatkan pengunjung yang datang ke website sehingga dapat meningkatkan pendapatan dari website.