18219077 Muhammad Hanif A. Nasution.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Peningkatan kebutuhan layanan TI membuat perpindahan fokus pindah menjadi
perencanaan strategis dan pengembangan layanan TI. Banyak organisasi
melakukan transformasi teknologi agar tetap relevan dan sukses di era serba digital.
Direktorat Teknologi Informasi (DTI) Institut Teknologi Bandung (ITB)
merupakan organisasi penyedia layanan TI hadir sebagai salah satu penyedia
layanan TI yang berfokus pada kampus ITB. Dalam pemberian layanan, DTI ITB
harus dapat menjaga kualitas layanan yang diberikan kepada para penggunanya.
Manajemen Tingkat Layanan (SLM) pada Manajemen Layanan Teknologi
Informasi (ITSM) dapat menjadi solusi dalam menjaga kualitas layanan. Salah satu
komponen utama pada SLM adalah Perjanjian Tingkat Layanan (SLA). SLA adalah
persetujuan tingkat layanan yang ditetapkan pada layanan-layanan yang disediakan
oleh sebuah organisasi. Saat ini, DTI ITB tidak memiliki SLA yang mengatur
standar tingkat layanan dari seluruh layanan yang diberikan. Dengan menggunakan
kerangka berpikir InfoSys Research Group, akan dibuat SLA yang sesuai dengan
standar ITSM pada ITIL. Perancangan SLA dilakukan dengan diawali identifikasi
lingkup. Kemudian perancangan dilanjutkan dengan penentuan metrik. Terakhir,
perancangan diakhiri dengan penurunan kesenjangan dan pembuatan SLA. Hasil
dari tahap pembuatan SLA berfokus kepada penentuan metrik final, penentuan
proyek untuk menurunkan kesenjangan tingkat layanan, dan pembuatan SLA. Hasil
tahap pembuatan sudah memenuhi ekspektasi dan kelayakan untuk diterapkan pada
DTI ITB sesuai dengan penilaian yang dilakukan.